Berita Terbaru

Kruw KM Jungge-Mbojo

KOORDINATOR/MOTIVATOR: HM. Nasir Ali TATA LETAK: Joe Ningrat, KOORDINATOR LIPUTAN: Nas Andika, UNIT USAHA: Wukufatul Arafah, PENULIS/KONTRIBUTOR: Wukufatul, HM. Nasir, Awalul Khair, Shafiratul Islamiah,Abdul Hamid, Jufrin, KAMERAMEN: Nas Andika, STAFT IT: Irank Scripter, KONSULTAN/PEMBINA: Camat Wawo, Dishubkominfo Kabupaten Bima, Dishubkominfo Provinsi NTB

Selasa, 15 Juli 2014

Tim Penilai Pusat Verifikasi Lapangan di Desa Maria


Ketua tim penilai pusat, Drs Imran saat dikalungi selendang khas Bima (Dok Nasir)

JUNGGE MBOJO.-Tim penilai pusat, Selasa (15/7),  melakukan verifikasi lapangan pada Desa Maria Kecamatan Wawo sebagai duta Provinsi NTB yang lolos 10 besar Lomba Desa Tingkat Nasional. Kehadiran tim penilai disambut meriah oleh ratusan warga Maria dan warga daerah dataran tinggi Wawo dengan beragam kesenian tradisional Ntumbu, Mpaa Manca, dan Hadrah.

Saat memasuki gerbang Desa Maria, Ketua tim penilai, Drs Imran, disambut hangat oleh Kepala Desa Maria, Nurdin HM Saleh dan Camat Wawo, Syafruddin Daud, S.Sos, Sekretaris Camat Wawo, Ridwan, S.Sos bersama Muspika. Sebagai tanda penyambutan Ketua tim dikalungi selendang Bima oleh dua orang gadis Desa Maria. Bukan hanya itu, tim juga disambut hangat oleh Tetuah Adat Maria dengan tradisi Makka Tua yang dilanjutkan dengan kesenian tradisional Ntumbu dan Mpaa Manca, kemudian hadrah, Sebelum memasuki aula kantor Desa Maria rombongan tim yang didampingi Asisten Pemerintahan dan Desa, Drs H Abdul Wahab, kembali disambut hangat dengan tari tradisional penyambutan tamu dan Wura Bongi Monca.

Atraksi kesenian tradisional saat menyambut kehadiran tim penilai lomba desa tingkat nasional (Dok Nasir)

Ketua Tim penilai, Drs Imran, mengatakan, berbahagialah warga Desa Maria mendapatkan penghargaan lolos menjadi 10 besar dari 33 duta Provinsi di Indonesia, berhasil menempati yang terbaik di antara 493 Kabupaten di antara 8 ribu lebih Kecamatan. Bahkan, saat ini Desa Maria ada di antara 72.894 Desa di Indonesia. “Ini kesempatan yang langkah  dan diidam-idamkan oleh sekian desa di seluruh Indonesia. Berhasilnya Desa Maria lolos 10 besar bukan merupakan proses yang muda untuk masuk peringkat Nasional,” ujarnya saat menyampaikan sambutan.

Dia menjelaskan, untuk  lolos peringkat nasional itu Desa Maria telah melalui proses seleksi yang ketat mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, hingga berhasil lolos mewakili Provinsi NTB. Kini berhasil lolos sepuluh besar dan saat ini sedang melakukan verifikasi lapangan untuk memilih enam desa terbaik se-Indonesia.“Jika lolos enam besar Kepala Desa akan diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan berbagai keberhasilan di desa,” katanya.
 
Rombongan tim menuju Desa Maria yang diverifikasi lapangan oleh tim penilai pusat (Dok Nasir)
Oleh karena itu, katanya,prestasi yang dicapai ini jangan sampai luntur setelah penilaian ini berakhir. Padahal, prestasi yang dicapai ini dapat dipertahankan hingga beberapa tahun ke depan kembali mampu bersaing untuk lomba yang sama hingga tingkat nasional. Karena persaingan di tingkat nasional makin sedikit pesertannya kian sengit. “Kami berharap pada ajang klarifikasi lapangan ini tolong kami ditunjukkan dan dijelaskan berbagai capaian yang sudah dilakukan desa ini, terutama instrumen yang telah disampaikan kepada tim, semoga bias meraih yang terbaik,” katanya.

Tim juga menyaksikan paparan Kepala Desa Maria, Nurdin HM Saleh mengenai keberhasilan berbagai pembangunan. Usai penerimaan, tim langsung melakukan verifikasi lapangan didamping tim dari desa setempat. (AJI)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 KM JUNGGE MBOJO
| B-11
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube