Berita Terbaru

Kruw KM Jungge-Mbojo

KOORDINATOR/MOTIVATOR: HM. Nasir Ali TATA LETAK: Joe Ningrat, KOORDINATOR LIPUTAN: Nas Andika, UNIT USAHA: Wukufatul Arafah, PENULIS/KONTRIBUTOR: Wukufatul, HM. Nasir, Awalul Khair, Shafiratul Islamiah,Abdul Hamid, Jufrin, KAMERAMEN: Nas Andika, STAFT IT: Irank Scripter, KONSULTAN/PEMBINA: Camat Wawo, Dishubkominfo Kabupaten Bima, Dishubkominfo Provinsi NTB

Jumat, 02 Mei 2014

Ibu Ibu Kok Jadi Wartawan?


Warga belajar PKBM As-Syakur Kelurahan Penatoi Kota Bima Saat pelatihan jurnalis warga, April  lalu (Dok. Nasir)

,JUNGGE MBOJO- Ada yang unik dari sikap reaktif ibu-ibu warga belajar PKBM Asy-Syakur di RT 04 Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda Kota Bima. Apakah itu? Usai menyimak materi jurnalisme warga, belasan ibu mudah dan paru baya itu antusias ingin tancap gas memraktikan ilmu yang diperoleh mengenai tugas dan fungsi jurnalisme warga.

Aksi itu dibuktikan oleh tiga orang ibu yakni, dengan menuliskan berita. Bukan hanya itu, ketimpangan yang terjadi di sekitar kehidupan mereka, termasuk pembagian beras untuk rakyat miskin akan dipantau. Suami yang marahin istri juga dipertanyakan, anak-anak yang tak suka diperintah akan ditulis.

“Pokoknya kita akan pantau dan menuliskan beritanya, termasuk pembagian Raski agar tidak diselewengkan,” ujar ibu muda penuh semangat.

Awas lokh, kata orang bijak, seorang ibu bisa mengubah arah wajah perempuan menjadi lebih baik. Namun, untuk ke arah sana seorang ibu harus berjuang dengan staminanya yang luar biasa. Mereka adalah sosok yang melahirkan generasi-generasi penerus. Kalau bukan karena sosok seorang ibu maka siapa yang akan mendidik dan merawat generasi penerus.

Tuhan memberikan kelebihan kepada seorang ibu, selain melahirkan, tetapi sekaligus juga menyayangi anak-anaknya dengan mengasuh, menyusui, bahkan orang yang pertama mendidik generasi itu adalah ibu.

Jika saat ini mereka diberi peran untuk menjadi citizen joernalits, maka mereka akan leluasa mengespresikan perannya melalui cerita suka dan duka dalam keseharian. Biarkan mereka menuliskan apa saja yang dialaminya sebagai seorang ibu bangsa. (Wukuf)
 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 KM JUNGGE MBOJO
| B-11
    Twitter Facebook Google Plus Vimeo Videosmall Flickr YouTube